Sabtu, 31 Agustus 2013

10 PESAWAT TERBESAR DI DUNIA

Pesawat adalah sebuah transportasi modern. Bermula hanya dengan bentuk yang sangat sederhana dan kecil. Namun dengan berkembangnya teknologi, manusia dapat mengembangkan pesawat hingga seperti saat ini. Berikut adalah 10 pesawat terbesar di dunia

10. Airbus A330-300
Airbus A330-200 Emirates A6-EAL.jpg
Airbus A330 merupakan sebuah pesawat terbang sipil komersial jarak-menengah-hingga-jauh berkapasitas besar, berbadan lebar. Pesawat ini dibuat pada waktu yang sama dengan Airbus A340 bermesin empat. Diperkirakan bahwa pesawat ini digantikan oleh Airbus A350. Pesawat ini dikembangkan dari [Airbus A300]], pesawat badan lebar perdana Airbus yang sangat sukses di pasaran
A330-300, yang melakukan penerbangan perdananya pada 1993, dibangun sebagai pengganti A300. Pesawat ini berdasar pada badan A300-600 yang dipanjangkan tetapi dengan sayap, penyeimbang dan perangkat lunak terbang-dengan-kabel baru.
A330-300 mengangkut 295 penumpang dalam konfigurasi kabin tiga-kelas (335 dalam 2 kelas dan 440 dalam kelas tunggal) dengan jarak 10,500 km (5,650 NM). Pesawat ini memiliki kapasitas kargo besar, dapat disamakan dengan Boeing 747 pertama. Beberapa maskapai melakukan penerbangan kargo tengah malam setelah penerbangan penumpang pada siang hari.
Pesawat ini menggunakan dua mesin General Electric CF6-80E, Pratt & Whitney PW4000 atau Rolls-Royce Trent 700, kesemuanya diberi nilai ETOPS-180. US Airways merupakan maskapai peluncur di Amerika Serikat dengan semibilan A330-300.
A330-300 dapat disamakan dengan Boeing 777-200 danMcDonnell Douglas DC11, yang kini sudah tidak diproduksi lagi.

9. Boeing 777
FGSPJ.jpg
Boeing 777 adalah sebuah pesawat badan lebar mesin kembar berjarak jauh dibuat oleh Boeing Commercial Airplanes. Dia dapat membawa antara 305 - 550 penumpang dan memiliki jangkauan dari 5.600 dampai 8.870 mil nautikal (10.400 sampai 16.400 km). Penerbangan pertama 777 pada 1994.
Ciri unik dari 777 termasuk enam roda pendaratan per set di setiap roda pendaratan utama, fuselage yang bundar sempurna, dan "tailcone" belakang yang menyerupai mata pisau.
Pada 2005 harga satuannya sekitar AS$213 juta, meskipun harga bagi maskapai penerbangan dirahasiakan dan dapat bervariasi sangat besar.
Boeing 777 dibuat untuk menjadi pengganti Boeing 747, namun lebih efisien. Oleh karena itu, Boeing 777 yang dirancang untuk pengganti 747, menjadi pesawat bijet (mesin ganda) terbesar di dunia. Edisi 777 yang terbesar adalah 777-300 dan dengan jarak terjauh adalah 777-200LR. Emirates, maskapai nasional Uni Emirate Arab adalah operator terbesar pesawat 777.

8. Boeing 747
Garuda Indonesia B747-400(PK-GSH) (4183273272).jpg
Boeing 747, juga dikenal sebagai Jumbo Jet, adalah pesawat penumpang terbesar kedua saat ini, setelah pesawat A380 beroperasi pada akhir Oktober 2007.
Pesawat empat mesin ini, diproduksi oleh Boeing Commercial Airplanes, menggunakan konfigurasi dua dek dimana dek atas digunakan untuk kelas bisnis. Konfigurasi 3-kelas (kelas pertama, kelas bisnis dan kelas ekonomi) mampu menampung 400 penumpang dan konfigurasi 1-kelas (hanya kelas ekonomi saja) mampu menampung 600 penumpang.
747 dapat terbang pada kecepatan yang tinggi (umumnya 0,85 Mach atau 909 kilometer per jam) dan mampu terbang antara benua (dengan jarak maksimum 13.570 km sampai 15.000 km). Pada tahun 1989, Qantas terbang tanpa henti dari London ke Sydney, jarak penerbangan tersebut adalah sejauh 18.000 km dan di selesaikan dalam waktu 20 Jam 9 menit. Namun penerbangan itu tidak mengangkut penumpang maupun kargo (pesawat kosong). Pada Mei 2004, 1382 pesawat Boeing 747, dengan berbagai konfigurasi, telah diperbaiki atau disempurnakan, menjadikan 747 salah satu produk Boeing yang paling sukses.

7. Airbus A340-600
Cathay.pacific.a340-600.b-hqb.arp.jpg
Airbus A340 adalah pesawat penumpang komersial berukuran besar yang diproduksi oleh Airbus. Memiliki desain yang mirip dengan tipe Airbus A330 tetapi A340 menggunakan empat mesin tidak hanya dua seperti A330. Ditujukan untuk menggantikan pesawat generasi sebelumnya seperti Boeing 747 tetapi varian terakhir ini sekarang bersaing dengan Boeing 777. Lebih dari 370 A340 dioperasikan di seluruh dunia pada September 2010. Produksi A340 resmi ditutup pada paruh ketiga tahun 2011.
A340-600 dirancang sebagai pengganti Boeing 747 generasi awal, A340-600 menerbangkan 380 penumpang dalam konfigurasi kabin tiga kelas (419 dalam 2 kelas) sejauh 7.500 mil laut (13,890.0 km). Pesawat ini menyediakan kapasitas penumpang yang mirip dengan 747 manun dengan kargo 25% lebih besar, dan biaya perjalanan yang lebih rendah tiap kursi. Penerbangan perdana A340-600 dilakukan pada 23 April 2001. Virgin Atlantic memulai layanan komersial pada bulan Agustus 2002.
A340-600 lebih panjang sekitar 10 m daripada versi -300, lebih panjang empat meter daripada Boeing 747-400 dan lebih panjang 2,3 meter daripada A380. Pesawat ini menjadi pesawat penumpang komersial terpanjang hingga Februari 2010 dengan penerbangan perdana dari Boeing 747-8. A340-600 ditenagai oleh empat mesin turbofan Rolls-Royce Trent 556 bertenaga 56000 lbf dengan APUhoneywell 331-600. Pesawat ini juga memiliki tambahan empat roda belakang di bagian tengah lambung pesawat untuk dapat mengatasi peningkatan MTOW. Airbus mengosongkan lantai atas kabin pesawat untuk menyediakan fasilitas tambahan opsional seperti tempat istirahat awak pesawat, dapur, dan toilet pada lantai bawah pesawat.
Pada April 2007, The Times melaporkan bahwa Airbus telah menyarankan kepada maskapai untuk mengurangi kargo di bagian depan pesawat sebesar 5 ton untuk mengatasi kelebihan berat di bagian kelas pertama dan bisnis. Penambahan berat menyebabkan pusat gravitasi pesawat berpindah ke depan yang mengurangi efisiensi jarak tempuh penerbangan. Maskapai yang terpengaruh oleh saran tersebut mempertimbangkan untuk meminta kompensasi dari Airbus.
Versi A340-600HGW (High Gross Weight/bahasa inggris: Berat Kotor Besar) terbang perdana pada 18 November 2005 dan disertifikasi pada 14 April 2006. Pesawat ini memiliki MTOW sebesar 380 ton dengan jarak tempuh mencapai 7.900 mil laut (14,630.8 km), yang mungkin dilakukan karena penguatan struktur, penambahan kapasitas bahan bakar, mesin yang lebih bertenaga dan teknik pembuatan baru seperti pengelasan dengan sinar laser. A340-600HGW ditenagai oleh empat mesin turbofan Rolls-Royce Trent 500 bertenaga 60000 lbf.
Emirates menjadi pengguna pertama untuk versi -600HGW ketika memesan 18 pesawat pada Paris Air Show 2003; namun kemudian menunda pesanan tersebut dan akhirnya membatalkannya. Pesaingnya, Qatar Airways, yang melakukan pesanan pada pameran dirgantara yang sama, hanya menerima empat pesawat dengan pesawat pertama pada 11 September 2006. Hal ini terjadi karena mereka membiarkan pesanan opsi mereka habis masa berlakunya.
Pesawat buatan Boeing yang paling setara dengan pesawat A340-600 adalah 777-300ER. A340-600 akan segera digantikan oleh A350-1000, yang juga akan bersaing dengan 777-300ER.
Pada Maret 2010 sebuah majalah penerbangan Inggris melaporkan bahwa Virgin Atlantic Airways telah mengubah pesanan enam pesawat A340-600 yang tersisa di Airbus dengan A330 untuk pengembangan rute. (Artikel ini tidak menyatakan apakah versi -200 atau -300 yang dipilih, namun menyebutkan Vancouver sebagai kemungkinan destinasi dan menyebutkan bahwa bagian pesawat akan memiliki sistem hiburan generasi terbaru). Artikel ini menyatakan bahwa Airbus telah mengubah enam pesanan menjadi A330 yang membuat tidak ada lagi pesanan A340-600 yang tersisa. Hal ini membuat majalah tersebut berspekulasi bahwa pembuatan A350 telah menutup jalur produksi A340.

6. Boeing 777-300ER
Boeing 777-300ER ("ER" untuk Extended Range) adalah seri jarak panjang Boeing 777-300, dan masuk masa pada tahun 2004, dikirim pertama kali untuk Air France. Edisi -300 dapat membawa 550 orang penumpang, karena perancangan 777-300 bertujuan untuk menggantikan Boeing 747-100 dan 747-200.

5. C-5 Galaxy
C-5 landing.jpg
Lockheed C-5 Galaxy adalah pesawat angkut militer besar yang dibangun oleh Lockheed . Lockheed C-5 Galaxy ini digunakan Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) dengan kemampuan airlift strategis antar-berbagai berat, yang dapat membawa kargo besar dan outsize, termasuk semua kargo udara. Galaxy memiliki banyak kesamaan dengan pendahulunya yang lebih kecil C-141 Starlifter, dan kemudian C-17 Globemaster . C-5 adalah salah satu pesawat militer terbesar di dunia.
C-5 Galaxy telah dioperasikan oleh USAF sejak tahun 1969. Pada waktu itu, telah digunakan untuk mendukung operasi militer AS di semua kontinjensi utama termasuk Vietnam , Irak , Yugoslavia dan Afghanistan , serta untuk mendukung sekutu, seperti Israel selama Perang Yom Kippur dan NATO dalam operasi Perang Teluk . C-5 juga telah digunakan untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana, dan mendukung program Space Shuttle AS yang dijalankan oleh NASA .

4. An-124
Antonov-AH-124-100.JPG
Antonov An-124 Ruslan (bahasa rusia: Антонов Ан-124 «Руслан») (NATO: Condor) adalah pesawat terbang  terbesar yang pernah diproduksi sampai Airbus A380 diproduksi. An-225 Mriya, merupakan pengembangan desain dari pesawat Antonov ini.An-124 adalah Pesawat kedua terbesar di dunia serial produksi pesawat kargo dan ketiga terbesar di dunia operasi pesawat kargo, nomer satu adalah Antonov An-225 (varian besar dari An-124) dan Boeing 747-8F.Pertama diterbangkan pada tahun 1982, sertifikasi sipil dikeluarkan pada tanggal 30 Desember 1992 Sebanyak 40 dalam pelayanan (26 model sipil dengan maskapai penerbangan dan 10 pesanan perusahaan per Agustus 2006) dan 20 berada di penggunaan komersial pada tahun 1998 di Ukraina, Rusia, Uni Emirat Arab dan Libya.

3. Airbus A380-800F
Singapore Airlines Airbus A380 woah!.jpg
Airbus A380 yang diproduksi oleh Airbus S.A.S. adalah sebuah pesawat dua tingkat, dengan empat mesin yang mampu memuat 850 penumpang dalam konfigurasi satu kelas atau 555 penumpang dalam konfigurasi tiga kelas. Pesawat ini melaksanakan penerbangan perdana pada 27 April 2005 dan telah memulai penerbangan komersial pada akhir tahun 2007 setelah ditunda beberapa kali. Pesawat ini juga merupakan pesawat komersial (pesawat penumpang) terbesar yang pernah dibuat (dijuluki Superjumbo).
Saat pesawat pertama dibuat dan terbang mengangkasa ukuran pesawat terus dibuat semakin besar. Pada tahun 1950an Boeing memproduksi 707 yang besar. kemudian pada tahun 1970, Boeing memproduksi dan meluncurkan Boeing 747 yang berukuran lebih besar lagi. Tahun 2006, pesawat raksasa A380 baru mengangkasa.
Pesawat ini mempunyai mesin empat mesin buatan Rolls-Royce Trent-900 yang mampu memberikan daya dorong 36.280 kg atau empat mesin kipas turbo Engine Alliance GP 7200 (sebuah perusahaan patungan General Electric dengan Pratt & Whitney), dengan daya dorong 37.003 kg.
Pesawat A380 versi standar memiliki 854 kursi untuk penumpang, sementara A380-900 memiliki 1000 kursi untuk penumpang. di atas pesawat ini terdapat pusat pembelanjaan,tempat bermain anak-anak, dan fasilitas-fasilitas lainya (semua fasilitas ini disediakan sebagai opsi, tergantung pesanan maskapai).

2. Hughes H-4 Hercules


Pesawat terbang terbesar yang pernah dibuat dan memegang rekor rentang sayap terpanjang. Dibuat untuk perang dunia ke-2. Tujuan dari pesawat ini adalah untuk mengangkut bahan perang dan tentara inggris karena cara air terancam oleh U-boat jerman.

1. Antonov An-225 Mriya

Antonov An-225 Mriya (bahasa ukraina: Антонов Ан-225 Мрія) merupakan pesawat terbesar kedua didunia yang dibuat oleh Perusahaan Antonov. Nama belakang pesawat ini Мрія (Mriya) dalam bahasa ukrainayang berarti Mimpi atauInspirasi.
Dahulu pesawat ini digunakan untuk mengangkut pesawat ulang alik Buran menggantikan Myasishchev VM-T. Namun seiring dengan bubarnya Uni Soviet pada tahun 1991 dan proyek Buran yang tidak dilanjutkan lagi tahun 1993 pesawat ini terpaksa tidak beroperasi (tidak tampak) selama hampir 8 tahun. Pada tahun 2001, pesawat ini kembali dioperasikan dengan menjadi pengangkut berat yang bernomor penerbangan UR-82060 (yang sebelumnya СССР-82060) sampai sekarang.
Sebenarnya, pesawat ini akan dibuat dua unit. Namun hanya satu yang selesai dan digunakan (UR-82060), sedangkan yang kedua dijadwalkan rampung pada tahun 2008 lalu ditunda. Sampai Agustus 2009, pesawat kedua tidak rampung juga dan pengerjaannya telah ditinggalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar